Senin, 28 Mei 2012

Pantai Indrayanti Jogjakarta

Setelah mengungjungi museum, kami pulang ke Maguwo untuk istirahat. Setelah dirasa cukup, kami melanjutkan perjalanan ke Pantai Indrayanti. Lokasi pantai ini ada didaerah Gunung Kidul Wonosari. Perjalanan sekitar 1,5 jam melalui daerah Paliyan. Jalan yang dilalui sangat mulus walaupun ada beberapa area yg masih sempit jalannya dan sedikit agak berlubang. Namun jalur yang kami tempuh ini cukup nyaman dan rasanya lebih singkat daripada melewati jalan Wonosari. Apalagi jalan jalur selatan yang baru cukup lebar dan sangat mulus. Belum banyak orang tahu jalur ini sehingga sepi dari kendaraan. Pantai Indrayanti ini sebetulnya adalah pantai yang letaknya berdampingan dengan pantai2 seperti Baron, Kukup, Krakal, Sundak karena masih dalam jalur pantai selatan. Pantai ini ternyata cukup ramai oleh pengunjung. Padahal kami berpikir mungkin sepi karena pantai ini baru diperkenalkan. Pantainya sangat bersih, bila dibandingkan dengan pantai yang pernah dikunjungi sebelumnya. Banyak tempat sampah yang disediakan oleh pengelola sehingga tidak sulit untuk mencari tempat sampah sehingga pengunjung disiplin membuang sampah pada tempatnya.
Ombaknya besar karena pantai ini adalah pantai laut selatan. Airnya jernih dan pasirnya halus serta bersih dari sampah. Area landai di pantai untuk bermain memang tidak terlalu lebar karena mungkin karena ombak yang besar membuat kontur pantai yang miring. Ada penjaga pantai dengan peralatan rescue yang cukup memadai, diantaranya perahu karet motor, pelampung, dayung dll. Menara penjaga disiapkan sebagai tempat untuk mengawasi pengunjung pantai. Dengan menara ini, penjaga pantai lebih luas pandangannya dalam menjalankan tugasnya.
Disisi timur ada tebing yang cukup indah, demikian pula di sisi baratnya. Pantai ini berupa cekungan dan rencana awal kami kesana adalah ingin melihat sunset. Hanya sayang sekali karena langit berawan sehingga tidak bisa menyaksikannya. Tapi ada untungnya juga karena kondisi ini menjadikan pantai tidak panas, jadi tidak perlu pakai lotion anti UV.
Untuk sekedar tiduran, menikmati pantai pun cukup enak, santai dan nyaman. Kami sampai di pantai sekitar jam 4.30 sehingga udara cukup sejuk. Pengunjung yang lain sudah mulai pada pulang. Oh iya, didalam resort juga ada penginapan dan terisi oleh pengunjung yang mau menginap. Ada juga kolam, tapi belum selesai, belum ada airnya dan belum ada isinya (ikannya).
Untuk liputan pantai Indrayanti dicukupkan sampai sekian, terima kasih. Wassalam, FuzaArya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar